SERIAL keluaran 31 Januari 2023 ini merupakan besutan Arwin Tri Wardhana yang ditayangkan di Viu. Jika dilihat dari judulnya, serial ini nyaris hanya mengulang cerita lama mantan yang menikah seperti dalam FTV populer itu.
Namun, di serial ini terdapat sedikit perbedaan, di mana, cerita yang dimainkan lebih segar dan membikin penasaran penonton karena dalam beberapa scene serial ini banyak “menunda” cerita-cerita yang sebenarnya bisa langsung diselesaikan.
Selain itu, background kehidupan urban khas Jakarta ditampilkan begitu menarik dan nyeni. Ditambah hadirnya pemeran-pemeran baru yang sedang naik daun dengan peran dan daya akting baru membawa penonton menunggu setiap episodenya.
Baca juga: Jai Ho: Di Film dan di Dunia Nyata
Serial roman yang berisi soal perjalanan cinta Ana yang diperankan oleh Aurelie Moeremans dan Saka yang diperankan Omar Danil yang notabene ialah mantan kekasih waktu sama-sama kuliah. Di tengah “kebingungan” kuliah itu dan beberapa problem yang dihadapi oleh Saka, Ana memutuskan untuk berpisah dengan Saka.
Tindakan Ana tersebut, menjadi trigger bagi Saka untuk berubah. Hubungan mereka menjadi renggang dan “hilang kontak” sampai akhirnya mereka bertemu saat Ana melamar pekerjaan di sebuah perusahaan yang Saka dan Tommy (Dimas Beck) pimpin.
Singkatnya, Ana diterima bekerja di perusahaan tersebut dan menjadi asisten pribadi Saka untuk membantu pekerjaannya. Namun, dalam scene-scene ini, hubungan antara Ana dan Saka akhirnya bukanlah hubungan profesional pekerjaan. Lebih dari itu, Saka akhirnya menjadi tokoh yang banyak memerankan diri sebagai orang yang kenal dan pernah memiliki hubungan dengan Ana.
Walaupun di awal-awal serial, ia terlihat sebagai bos yang resek dan menguji kemampuan Ana. Namun, hal itu tidak bertahan lama, dalam kerja-kerja di kantornya, hal itu terlihat dalam pembelaan-pembelaannya terhadap Ana yang bisa dilihat akibat hubungan pribadi dan “ada rasa dan harapan” lain yang terus dijaga oleh Saka dalam hatinya.
Hal itulah yang akan dielaborasi dalam tulisan ini. Bagaimana dominasi orang ketiga (Ana) bisa mengubah dominasi kerja sama (profesionalitas) antara Saka dan Tommy sebagai pimpinan perusahaan itu. Bagaimana dominasi Ana mengubah orientasi kerja sama menjadi orientasi kerja atas nama hubungan dan “lebih kenal” karena kedekatan.
Kuasa Orang Ketiga
Perusahaan tempat Ana bekerja dibangun oleh Saka dan Tommy, mereka bersahabat dan sama-sama berkuliah di Amsterdam. Mereka membangun perusahaan dan sukses menarik inversor. Singkatnya perusahaan mereka dibangun oleh kerja sama atas persahabatan mereka berdua. Ya, seperti anak-anak kuliahan semester awal yang bermimpi bangun usaha angkringan pinggir jalan itulah. Bedanya, mereka sukses, sedangkan kita, ya gitu hanya obrolah warung kopi.
Kembali ke topik, kuasa orang ketiga ini terlihat jelas antara relasi Ana dan Saka. Seperti Michel Foucault yang mendefinisikan kekuasaan itu menyebar bukan memusat ke satu orang, seperti itulah hubungan dalam perusahaan tempat Saka, Tommy, dan Ana itu bekerja.
Apa buktinya? Secara struktur jelas Saka dan Tommy memiliki kuasa dan dinormalisasi lewat regulasi perusahaan. Tapi dalam praktik serial Mantan Tapi Menikah itu, kuasa Ana untuk menentukan dan menginginkan sesuatu jelas terlihat. Misalnya, Ana menginginkan untuk menjadi manajer, Saka langsung mengiyakan keinginan tersebut, padahal Ana merupakan pegawai baru dalam perusahaan itu.
Baca juga: De Oots dan Nasib Film Sejarah
Di sini terlihat relasi kuasa seorang Ana memiliki makna, akibat hasrat (desire) Saka karena masih mencintainya. Walaupun jelas, dalam serial itu, Ana berwatak ulet, rajin, dan mampu menjalankan tugas. Namun, hasrat Saka lebih mendominasi untuk “membela dan mendukung” Ana tak bisa disepelekan.
Praktik kuasa Ana ini, terus dilangengkan sampai Ana membuat kesalahan yang berakibat pada kecewanya investor utama perusahaan (Pak Giri). Dan seperti penonton serial ini ketahui, Di sini, sikap Saka dan Tommy berbeda, Saka tetap membela Ana dan sebaliknya Tommy kecewa pada sikap Ana.
Walaupun Ana bersedia bertanggung jawab, namun, kuasa Saka untuk membela Ana terbilang spekulatif, hanya karena ia kenal dengan Ana sebelumnya. Di sinilah, relasi kuasa itu bermain dan serial ini memperlihatkannya sedemikian rupa dan membuat Saka bertanggung jawab atas kesalahan Ana. Sebenarnya Saka so sweet banget, sih.
Seperti tesis awal, kuasa orang ketiga mempengaruhi relasi kuasa dan struktur yang sedang bekerja normal antara Saka dan Tommy di perusahaan itu.
Dampak Kuasa Dominatif
Dampak lain dari relasi kuasa Saka dan Ana tersebut membuat persahabatan Tommy dan Saka merenggang. Karena merasa diri untuk bertanggung jawab atas kesalahan Ana, Saka memutuskan untuk resign dari perusahaan tersebut. Saka memilih untuk membangun perusahaan baru dan Ana menjadi partner-nya.
Seperti kekuasaan yang menghasilkan represi dan otoritarianisme, seperti itulah relasi kuasa yang terjadi dalam serial ini. Bagaimana kuasa dan hasrat bertemu pada satu orang bisa membuat kuasa tersebut berubah dan mengubah struktur sebelumnya.
Pada akhir serial ini, walaupun Saka dan Ana membuat perusahaan baru dan menikah seperti judulnya, adegan-adegan dan wacana kuasa yang diperlihatkan Ana dan Saka pada bermainnya struktur serial ini menarik menjadi bahan reflektif kita, bahwa kuasa itu ada, walau hanya dalam bentuk serial semata.[]
Ilustrasi: Viu.com
Alumni Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Founder Komunitas Mbojo Itoe Boekoe